Senin, 25 Mei 2009

Visual Basic

MODUL 1
tujuan:
1.mengenal lingkungan terpadu VISUAL BASIC.
2.cara menulis program di VISUAL BASIC.

A.mengenal IDE (Integrated Development Environment)
VISUAL BASIC adalah sebuah bahasa pemrograman aras tinggi (high level) yang merupakan
pengembangan dari versi DOS sebelumnya yaitu BASIC. VISUAL BASIC merupakan Bahasa Pemrograman
VISUAL dan events driven dalam VISUAL BASIC, program dikerjakan dalam lingkungan grafis.
Karena pengguna (user) dapat meng-click pada satu obyek tertentu secara random,
maka setiap obyek harus diprogram secara independen dapat merespon terhadap tindakan-tindakan itu (event)

Kepopuleran Visual Basic sebenarnya datang dari lingkungannya yang sering disebut
Integrated Development Environment atau IDE. IDE membantu membangun sebuah aplikasi besar,
menulis sebuah program, menjalankan program, dan menghasilkan sebuah executable file.
a.mengaktifkan VB
menentukan tipe projek yang akan dikembangkan.
b.baris menu
tekan ALT + huruf yang digaris bawahi.

catatan: sertiap file yang bertipe .EXE(executable) bisa diaktifkan dari menu RUN.
-Project adalah sekumpulan modul/program aplikasi itu sendiri, projek disimpan dalam file berextension .VBP
biasanya berisi form-form.
Ada tiga icon dalam projek:
-View Code : tampilkan jendela editor program
-View Object : tampilkan bentuk formulir
-Togle Folder : tampilkan folder tempat penyimpanan file
-toolbox adalah jendela yang berisikan kontrol-kontrol(objek) yang digunakan untuk merancang antar muka
program.
-Form adalah objek yang dipakai untuk tempat bekerja program aplikasi. Didalamnya tempat diletakan
objek-objek lainnya. Di dalam form ada grid (garis titik-titik yang berguana untuk pengaturan letak).
-Propertis adalah untuk menentukan setting suatu objek, menentukan cara kerja
dari objek saat program dijalankan misal warna, hurup dan lain-lain.

a.1.memulai porgram.
-buka projek standar EXE.
-masukan kontrol keform.
-klik dua kali kontrol, atau bisa juga dengan cara klik satu kali kontrol kemudian drag kursor mulai
dari posisi kiri atas sampai kekanan bawah dan atur besar objek sesuai dengan yang kita inginkan.
-jika kita ingin mneghapus semua kontrol diform, dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Ctrl + A + DEL.

LATIHAN 1.
-sekarang kita akan mempraktekan cara memasukan objek diform, dan memberikan nama pada setiap objek.
-kita akan membuat antar muka sebagai berikut diform:

-gantikan nama setiap kontrol, sesuai dengan yang ada diform
pada label1, gantikan caption dengan NIM.
pada label2, gantikan caption dengan NAMA.
pada label3, gantikan caption dengan PRODI.
pada text1 dan 2, pada properti text nya dikosongkan
pada commandbotton1, gantikan caption dengan SIMPAN
pada commandbotton2, gantikan caption dengan EXIT.
-setelah selesai klik menu RUN kemudian klik sub menu START, maka hasilnya seperti berikut:

-tujuan dari program tersebut adalah pengenalan antarmuka dan cara memasukan objek didalam form,
dan pemberian nama dari setiap propertii name nya.

REFERENSI
-MODUL VISUAL BASIC 6.0, Agus muhardi.BSI Tangerang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar