Senin, 25 Mei 2009

Variabel dan Tipe Data pada Visual Basic

1. LANDASAN TEORI
Visual Basic adalah salah suatu developement tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer. Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis Microsoft Windows yang merupakan Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman berorientasi objek, Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna dan mudah.

Dalam lingkungan Windows, User-interface sangat memegang peranan penting, karena dalam pemakaian aplikasi yang kita buat, pemakai senantiasa berinteraksi dengan User-interface tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan instruksi-instruksi program yang mendukung tampilan dan proses yang dilakukan. Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi dimulai dengan pembentukkan user interface, kemudian mengatur properti dari objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event). Tahap pengembangan aplikasi demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.

2. ANALISA DAN PEMBAHASAN
Sebelum kita memulai membuat program, beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah memahami dan mengetahui apa yang disebut dengan:

  1. identifier (pengenal)
  2. variabel,dan
  3. tipe data.
Serta apa yang disebut dengan pernyataan, ekspresi, dan operator. Dalam praktek minggu lalu kita telah belajar apa yang dimaksud dengan IDE (integrated development environment).
Cara mengaktifkan VB:

  • klik menu all program, kemudian pilih microsoft visual basic 6.0, yang telah tersedia dikomputer anda.
  • Langkah selanjutnya adalah menentukan tipe projek yang akan dikembangkan, yaitu STANDARD. EXE. Kemudian klik OK.
Pada praktikum II kita telah belajar beberapa hal yaitu:

  • menulis kode program (coding)
  • dalam menulis kode program dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan metode langsung dan metode tak langsung.
  • metode langsung adalah metode penulisan kode program yang hasilnya dapat diketahui secara langsung, kode program dalam metode ini diterjemahkan baris per baris disebut juga penerjemahan secara INTERPRETER.
  • Metode tak langsung adalah metode penulisan kode program dilakukan dengan menulis kode secara keseluruhan selanjutnya diterjemahkan. Metode seperti ini disebut penerjemahan COMPILER.
LATIHAN 1.
Metode langsung
  • buka proyek baru VB, kemudian klik menu VIEW.
  • kemudian klik IMMEDIATE WINDOW
  • kemudian ketik program sederhana dibawah ini:


diatas merupakan contoh program sederhana menggunakan IMMEDIATE WINDOW, fungsi tanda tanya (?) adalah untuk menampilkan hasil dari penjumlahan sederhana.

metode tak langsung.
  1. buka file new, kemudian buat seperti tampilan dibawah ini, dengan cara klik double pada tool label (untuk menampilkan nilai A dan nilai B, dan nilai C). kemudian atur sesuai gambar.
  2. langkah selanjutnya adalah double klik pada text area, kemudian atur posisi seperti pada gambar, buat sebanyak tiga buah.
  3. kemudian double klik pada command, kemudian ganti nama tombol yaitu dengan melihat di menu properties kemudian pada baris caption ganti dengan "HITUNG NILAI A + B"
  4. kemudian lakukan seperti langkah diatas, kemudian ganti dengan nama "EXIT", kemudian atur posisi masing-masing objek sesuai gambar.
-langkah selanjutnya adalah double klik pada tombol "HITUNG NILAI A + B" kemudian akan muncul gambar seperti ini. isikan kode program sesuai dengan petunjuk.
-kemudian klik menu RUN kemudian klik start, untuk melihat hasil program, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:


-untuk menguji program diatas, silahkan masukan nilai A dan B,
setelah itu tekan tombol "HITUNG NILAI A + B", maka hasilnya akan terlihat di nilai C.langkah selanjutnya adalah double klik pada tombol EXIT, kemudian isikan program kedua seperti dibawah ini:
kemudian tekan start untuk melihat hasilnya, kemudian klik pada tombol "EXIT" maka akan keluar kotak pesan, seperti gambar:

gampang kan...?? selamat mencoba, BERSAMBUNG KE MODUL PRAKTIKUM III.
3. REFERENSI
buku visual basic 6.0.

1 komentar: